Jumat, 04 Januari 2013

Pantai Pasir Putih,Situbondo


Pantai.Provinsi Jawa Timur memiliki banyak tempat wisata pantai yang belum dikenal secara luas oleh wisatawan di Indonesia. Beberapa waktu lalu saya sudah membahas artikel wisata mengenai Pantai Klayar di Pacitan, Pantai Popoh di Tulungagung, dan Pantai Bale Kambang di Malang. Kali ini tempat wisata di Jawa Timur yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Pasir Putih. Pantai Pasir Putih terletak di Kabupaten Situbondo dan termasuk dalam jajaran pantai-pantai indah di Jawa Timur.
Kabupaten Situbondo adalah salah satu wilayah di daerah tapal kuda yang menghadap ke Selat Madura. Situbondo berbatasan dengan Banyuwangi, Bondowoso, dan Probolinggo di sebelah selatan. Pariwisata Situbondo yang terkenal adalah Pantai Pasir Putih. Obyek wisata di Situbondo ini biasanya menjadi satu paket perjalanan ketika wisatawan berlibur ke Gunung Bromo. Sepanjang perjalanan menuju Pantai Pasir Putih, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang menarik khas masyarakat pesisir pantai.


Transportasi Menuju Pantai Pasir Putih di Situbondo
Transportasi Menuju Pantai Pasir Putih di Situbondo

Transportasi Bus Menuju Pantai Pasir Putih
Liburan ke tempat wisata di Situbondo ini bisa dilakukan ala backpacker maupun bergabung dengan tour agent. Namun bagi saya sendiri lebih suka liburan naik bus umum ala backpacker. Untuk mencapai Pantai Pasir Putih, backpacker yang berangkat dari Terminal Purabaya (Bungurasih) Surabaya naik bus jurusan Probolinggo maupun jurusan bus Jember. Tarifnya Rp. 8.000,- Keduanya boleh dinaiki tapi turunnya tetap di Terminal Bayu Angga di Probolinggo. Dari Terminal Probolinggo, wisatawan ganti bus dan lanjut naik bus umum tujuan Situbondo.
Perjalanan bus dari Probolinggo ke Situbondo akan melewati kawasan PLTU Paiton yang terkenal dengan keindahan kerlap-kerlip lampunya di malam hari. Jika Anda bepergian pada malam hari, Paiton bisa menjadi gambar tempat wisata yang mengagumkan. Sebelum mencapai Panarukan dan pusat Kota Situbondo, wisatawan turun di area wisata Pantai Pasir Putih dan membeli tiket masuk. Jadi, pada dasarnya transportasi menuju Pantai Pasir Putih tidaklah sulit. Sudah ada jalur transportasi umum yang menjangkau tempat wisata di Situbondo ini.

Peta Wisata di Kabupaten Situbondo
Peta Wisata di Kabupaten Situbondo

Bermain Ombak dan Naik Perahu di Pantai Pasir Putih
Kalau wisatawan sudah tiba di Pantai Pasir Putih, kegiatan apa saja yang menarik untuk dilakukan? Sama halnya dengan berbagai jenis tempat wisata pantai lainnya di Indonesia, wisatawan bisa jalan-jalan di atas pasir putih yang lembut, snorkeling, naik perahu, mencicipi wisata kuliner laut, memancing di daerah dermaga, maupun membeli oleh-oleh khas setempat. Oh ya, obyek wisata pantai di Situbondo ini dinamakan Pantai Pasir Putih memang karena memiliki hamparan pasir putih yang luas. Berbeda jauh dengan Pantai Ria Kenjeran di Surabaya yang kondisi pasirnya tidak bersih.
Hal pertama yang saya lakukan ketika tiba di Pantai Pasir Putih adalah bermain ombak laut. Maklum, saya bukan anak pantai jadi kelihatan sekali antusiasnya kalau lihat ombak laut. Hehehe. Setelah puas bermain-main dengan ombak, kegiatan selanjutnya adalah naik perahu. Terdapat puluhan perahu tradisional milik penduduk yang mangkal di Pantai Pasir Putih dan siap disewakan kepada turis yang datang. Tarif menyewa perahu tergantung kepandaian Anda menawar harga. Waktu itu saya mendapat harga Rp. 75.000,- untuk sebuah perahu yang muat 6 orang.

Gambar Pantai Pasir Putih - Tempat Wisata di Situbondo
Gambar Pantai Pasir Putih – Tempat Wisata di Situbondo

Keindahan Terumbu Karang Pantai Pasir Putih
Perahu tradisional yang digunakan di Pantai Pasir Putih ada yang tidak menggunakan mesin alias memakai navigasi alami dengan memanfaatkan arah mata angin. Justru kondisi inilah yang saya suka karena saya suka berlama-lama ngambang dan melihat alam bawah laut Pantai Pasir Putih. Walaupun tempat wisata di Situbondo ini tergolong pantai dangkal, ternyata pantai ini ditumbuhi terumbu karang juga lho. Alat yang digunakan untuk melihat pun terbilang sederhana. Cukup dengan menggunakan sebuah kotak yang bagian bawahnya ditutupi dengan kaca bening.
Lagi-lagi saya seolah menjadi anak gunung yang terpukau oleh kondisi tempat wisata alam pantai. Biar kata sudah sering lihat ikan hias warna-warni di berbagai media, tetap saja kalau lihat langsung di depan mata jadinya lebih berkesan. Memang sih, Pantai Pasir Putih tidak seindah wisata diving di Kepulauan Raja Ampat di Papua. Namun ketenangan obyek wisata pantai di Situbondo ini tidak bisa dibeli. Kedamaian alam Pantai Pasir Putih bisa menghilangkan kepenatan hidup sejenak. Cukup satu hari bisa bolak-balik Surabaya-Situbondo PP.
Menikmati Wisata Kuliner Pantai Pasir Putih
Liburan ke tempat wisata pantai rasanya kurang afdhol kalau tidak mencicipi kenikmatan wisata kuliner setempat. Untuk urusan makanan Pantai Pasir Putih, wisatawan punya pilihan untuk makan ala warung lesehan maupun makan secara prasmanan. Untuk makan dengan cara prasmanan, sudah ada RM Pasir Putih Indah (Papin). Nah, kalau mau lebih merakyat lagi wisatawan bisa memilih salah satu warung rakyat yang menjual aneka ikan segar tangkapan masyarakat setempat.
Jika perut sudah kenyang, maka langkah terakhir liburan ke tempat wisata di Indonesia adalah membeli oleh-oleh. Tempat wisata Pantai Pasir Putih di Situbondo memiliki pasar rakyat yang menjual aneka cinderamata khas pantai. Bagi wisatawan yang punya hobi koleksi benda-benda unik yang terbuat dari kerang, Pantai Pasir Putih bisa menjadi tempat wisata belanja yang tepat. Siapkan tas yang besar untuk memboyong aneka kerajinan tangan karya penduduk setempat. Bagi wisatawan yang suka makanan tape, Pantai Pasir Putih menjadi salah satu pusat penjualan tape singkong yang terkenal enak.

1 komentar:

  1. maaf numpang promo.

    Kami melayani pembelian kaligrafi hiasan dinding dengan bahan cangkang telur, bambu runcing, aluminium, timbul, pelepah pisang dg 100% handmade ( kreatifitas tangan )

    selengkapnya kunjungi blog di bawah ini

    http://kaligrafi-probolinggo.blogspot.co.id

    BalasHapus